Akhir Juni 2019, Pemerintah Segera Serahkan Rancangan KUA dan PPAS 2020 ke DPRD Rohul

PASIR PENGARAIAN - Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020 dari pemerintah daerah ke DPRD Kabupaten Rohul segera diserahkan paling lambat pekan keempat bulan ini.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Rohul saat ini sedang melakukan sinkronisasi Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bersama organisasi perangkat daerah (OPD) dalam penyusunan KUA dan
PPAS 2020 di Bappeda Rohul.

‘’Dijadwalkan pada pekan keempat Juni 2019, pemerintah daerah akan Sampaikan rancangan KUA dan PPAS tahun 2020 ke DPRD Rohul. Dengan harapan agenda kegiatan penyerahan KUA dan PPAS oleh Pemkab Rohul bisa dijadwalkan oleh Badan Musyawarah DPRD Rohul,’’ sebut Sekda Rohul H Abdul Haris SSos M.Si, Kamis, (13/6/19).

Abdul Haris juga mengakui, bila KUA dan PPAS tahun 2020 telah diserahkan ke DPRD Rohul, selanjutnya DPRD dapat melakukan pembahasan bersama,  antara TAPD dan Badan anggaran DPRD Rohul.

Informasi Ketua TAPD Rohul, program dan kegiatan yang direncanakan pemerintah daerah pada RAPBD Rohul tahun 2020, masih menuntaskan permasalan infrastruktur dasar masyarakat.

Artinya, kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, berdasarkan skala prioritas terutama kegiatan yang dibutuhkan dan diperlukan oleh masyarakat yang memberikan multi efek.

Abdul Haris mengatakan, dirinya belum mendapatkan informasi dari TAPD Rohul terhadap proyeksi total RAPBD Rohul tahun 2020, karena KUA dan PPAS 2020 sedang dalam tahap sinkronisasi dan penyusunan oleh Bappeda Rohul.

Ditanya konsep pembangunan priortas yang dilaksanakan Pemkab Rohul 2020, Abdul Haris mengatakan ada 4 program prioritas, diantaranya peningkatan infrastruktur dasar, penguatan pertanian dan ketahanan pangan, peningkatan sektor industri kecil menengah dan pariwisata serta pemantapan kualitas SDM, pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan.

Dengan tema pembangunan daerah Kabupaten Rohul tahun 2020 yakni, mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan infrastruktur, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"KUA dan PPAS tahun 2020 tetap memprioritaskan 4 program yang telah ditetapkan, dengan harapan pembangun yang dilaksanakan terarah, dan memberikan multi efek disegala sektor, dari hasil pembangunan itu dapat dinikmati masyarakat Rohul,’’ ujarnya.

Dijelaskannya, bahwa perencanaan pembangunan tahun 2020, mengacu kepada program prioritas. Mulai dari hasil musrenbang desa, kecamatan, kabupaten serta pokok-pokok pikiran Anggota DPRD Rohul.

Selain sinkronisasi program prioritas Provinsi dan Nasional. Program priortas yang dilaksanakan tahun 2020, akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

Sumber : rohultoday