Dukungan Penuh 7 Fraksi DPRD Rohul Atas 3 Ranperda yang Diajukan Pemkab

PASIR  PENGARAIAN - Tiga Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang diajukan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ternyata mendapat dukungan penuh dari 7 Fraksi yang ada di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu. Hal itu diketahui pada Paripurna Penyampaian Pandangan 7 Fraksi dipimpin Wakil Ketua DPRD Rokan Hulu Abdul Muas dan Hardi Candra, dihadiri 22 anggota dewan, serta dihadiri Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Senin sore (25/2/2019). 

Pada sidang paripurna yang baru berakhir menjelang petang tersebut, ke tujuh fraksi DPRD Rokan Hulu menilai ketiga Ranperda, yakni Ranperda Perlindungan, Ranperda Ketertiban Umum, dan Ranperda Masjid Paripurna memang perlu dibuat oleh pemerintah daerah.

Pimpinan Sidang Paripurna Abdul Muas mengatakan pasca Paripurna Penyampaian Pandangan Fraksi, selanjutnya DPRD Rokan Hulu akan menyusun agenda untuk Paripurna Pandangan dari Bupati Rokan Hulu H. Sukiman yang akan digelar dalam waktu dekat.

Setelah paripurna, Sekda Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris? mengatakan 3 Ranperda ini sudah diajukan Pemkab Rokan Hulu? beberapa waktu lalu. 

Sekda mengaku tujuan diajukan tiga Ranperda tersebut adalah memaksimalkan kinerja Pemkab Rokan Hulu, terutama menghindari kekerasan hal negatif terhadap kaum perempuan. 

Seperti Ranperda Ketertiban Umum untuk menertibkan penyakit masyarakat, serta penertiban di sarana umum. Sedangkan Ranperda Masjid Paripurna untuk menetapkan masjid paripurna sebagai sarana ibadah dan sarana pendidikan untuk masyarakat Rokan Hulu. 

Abdul Haris mengaku sampai akhir Februari 2019, Pemkab sendiri baru mengajukan tiga Ranperda ke DPRD Rokan Hulu untuk selanjutnya dibahas bersama dan segera disahkan. Ia mengharapkan ketiga Ranperda ini segera dibahas dan disahkan.