Komisi DPRD Rohul Minta Waktu Pembahasan KUA-PPAS 2019 Ditambah

PASIR PANGARAIAN - Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2019 saat ini masih tahap pembahasan di tingkat komisi DPRD Rokan Hulu (Rohul) dengan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohul.

Ketua DPRD Kabupaten Rohul, Kelmi Amri SH, mengungkapkan, hingga Senin (3/9/2018), pembahasan KUA-PPAS tahun 2019 sedikit terlambat dari agenda.Diakuinya, Pihak komisi DPRD sudah ajukan penambahan waktu untuk pembahasan selama sepekan ke depan.

"Karena masih ada sejumlah OPD yang belum tuntas pembahasan dengan Komisi IV (empat) DPRD Rohul bidang infrastruktur, sehingga Badan Musyawarah (Banmus) DPRD akan rapat dengan agenda penambahan waktu pembahasan KUA-PPAS 2019 di tingkat komisi," katanya, Selasa (4/5/2018).

Bukan hanya itu saja, Kelmi mengaku belum tuntasnya pembahasan rancangan KUA-PPAS 2019 di tingkat komisi karena‎ masih ada beberapa OPD yang belum selesai pembahasan program kegiatan direncanakan.

"Direncanakan pekan ini dilanjutkan pembahasan KUA dan PPAS 2019 antara Komisi IV DPRD dengan OPD Rohul terkait," terangnya.

Kelmi menerangkan, Komisi DPRD Rohul sudah menyurati pimpinan DPRD Rohul untuk penambahan waktu pembahasan KUA-PPAS 2019 di pekan ini.

"Bila pembahasan rancangan KUA-PPAS 2019 antara komisi-komisi di DPRD bersama OPD Rohul tuntas, maka segera dilanjutkan pembahasan di tingkat Badan Anggaran (Banggar DPRD dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Rohul," imbuhnya.

Ia menambahkan, bila pembahasan KUA-PPAS 2019 tuntas di tingkat Banggar dengan TAPD, selanjutnya dilakukan penandatangan nota kesepakatan KUA-PPAS 2019 antara pimpinan DPRD dengan kepala daerah.

Pemerintah daerah, tambah Kelmi, segera menyampaikan Ranperda tentang RAPBD Rohul 2019 ke DPRD Rohul, untuk secepatnya dilakukan pembahasan dan disahkan.

Diterangkanya, DPRD Rohul dan Pemkab Rohul sepakat untuk melakukan percepatan proses pembahasan KUA-PPAS 2019 dari tahun sebelumnya, sehingga Ranperda tentang RAPBD Rohul 2019 lebih cepat disahkan.‎

"Kita memperkirakan pengambilan keputusan Ranperda RAPBD Rohul 2019 disahkan jadi Perda APBD Rohul 2019 sudah tuntas pada November 2018," pungkasnya. (*sumber : tribunpekanbaru.com)