Keanggotaan DPRD Kabupaten Rokan Hulu

Berdasarkan konstitusi Republik Indonesia (UUD 1945), Dewan Perwakilan Rakyat diwajibkan untuk melaksanakan tiga fungsi: Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan. Ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam kerangka representasi rakyat, dimana setiap Anggota Dewan wajib mengutamakan kepentingan rakyat yang diwakilinya (konstituen) sehingga menjadikan mereka “Wakil Rakyat”.

 

Dalam periode keanggotaan DPRD Rokan Hulu Masa Jabatan 2019-2024, telah terpilih 45 (empat lima) wakil rakyat yang duduk di DPR Rokan Hulu, dari 4 (empat) Daerah Pemilihan (Dapil). Anggota Dewan yang terpilih bertugas mewakili rakyat selama 5 (lima) tahun, kecuali bagi mereka yang tidak bisa menyelesaikan masa jabatannya. Anggota Dewan yang berhenti di tengah-tengah masa jabatannya akan digantikan oleh Calon Legislator lain (yang mengikuti Pemilu Legislatif) melalui PAW (Pergantian Antar Waktu).

 

Untuk dapat dipilih menjadi Anggota Dewan, calon legislator harus berusia minimal 21 (dua puluh satu) tahun dengan latar belakang pendidikan minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) dan merupakan Warga Negara Indonesia yang sehat jasmani dan rohani. Calon Anggota DPRD juga diwajibkan berasal dari partai politik (tidak ada calon independen).

 

Sebelum memangku jabatannya, Anggota DPRD terlebih dahulu mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama dipandu oleh Ketua Pengadilan dalam rapat paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Rokan Hulu . Sedangkan Anggota Pengganti Antar Waktu, mengucapkan sumpah/janji dipandu oleh Pimpinan DPRD, yang juga dilaksanakan dalam rapat paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Rokan Hulu.