Tahun Sidang

Tahun sidang DPRD Kabupaten Rokan Hulu diawali setiap tanggal 01 September dan diakhiri tanggal 30 Agustus tahun berikutnya. Artinya, awal tahun baru bagi Anggota Dewan adalah pada tanggal 01 September. Hari permulaan Tahun Sidang dibuka dengan Pidato Pembukaan Masa Persidangan I oleh Pimpinan DPRD.

 

Dalam satu tahun sidang, waktu kerja DPRD Kabupaten Rokan Hulu dibagi menjadi tiga masa persidangan. Dimana setiap masa persidangan terdiri dari masa sidang dan masa reses.

 

Masa sidang adalah masa dimana DPRD bekerja di dalam gedung DPRD. Pada masa ini, berbagai aktivitas dilakukan Anggota Dewan di dalam Kantor DPRD Kabupaten ROkan Hulu, mulai dari kegiatan rapat-rapat dalam rangka pelaksanaan fungsi legislasi (membentuk UU), fungsi anggaran (penetapan APBN), maupun fungsi pengawasan yang melibatkan rapat-rapat dengan pemerintah, sampai dengan kegiatan menerima dan memperjuangkan aspirasi rakyat, baik yang datang ke DPRD secara individu maupun berkelompok (termasuk para demonstran).

 

Masa sidang juga bisa dilakukan diluar Kantor DPRD, Seperti melakukan Kunjungan Kerja baik didalam daerah maupun diluar daerah. Menjemput Aspirasi Masyarakat juga bisa dilakukan dimasa sidang. kunjungan kerja ini dimaksud dengan tujuan untuk melaksanakan fungsi legislasi dan pengawasan. DPRD Melakukan Kunjungan Kerja dilakukan secara berkelompok, seperti Melalui Komisi, Fraksi, dan Panitia Khusus.

 

Sementara masa reses merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung DPRD, menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan. Kunjungan kerja ini dilakukan oleh Anggota Dewan secara perseorangan.